OSIS MAN 1 Plus Keterampilan dan Riset Kotamobagu sukses mengadakan lomba Cipta Puisi yang bertemakan “Ramadhan” dalam rangka Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H sekaligus memperingati Milad Ke-30 Tahun MAN 1 Plus Keterampilan dan Riset Kotamobagu. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 Maret –  3 April 2021 untuk pengumpulan karya, kemudian penilaian dari tanggal 4 – 27 April 2021. Proses penilaian memakan waktu cukup panjang dikarenakan karya yang masuk ke panitia cukup banyak.

Adapun tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan minat siswa terhadap dunia kepenulisan, serta diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis yang dalam hal ini adalah puisi.

“Banyak siswa-siswi kita kesulitan dalam menulis karena kurangnya kemampuan literasi yang ada, dengan diadakan lomba menulis puisi ini diharapkan dapat meningkatan kemampuan dari siswa dalam menulis.”(Ujar Kepala Madrasah MAN 1 Kotamobagu dalam Kata Sambutan)

Kegiatan ini dirangkaikan pula dengan Webinar Menulis Puisi yang dilaksanakan bertepatan dengan hari puisi internasional pada tanggal  22 Maret 2021, dengan pemateri-pemateri yang memiliki kompetensi mumpuni dalam bidang kepenulisan. Webinar tersebut bertujuan agar setiap peserta dapat mengetahui teknik serta strategi dalam menulis Puisi sebelum berkompetisi dalam lomba yang dimaksud.

Adapun hasil lomba telah diumumkan pada tanggal 29 April 2021. Dengan rincian pemenang sebagai berikut:

  1. Icha Amelia Saharani dengan Judul “Tahanan Jalanan”
  2. Firga Setiawati Putri Mamonto dengan Judul “Rindu”
  3. Regina Putri Mokodongan dengan Judul “Nifsu Sya’ban”

Sebagai bentuk apresiasi terhadap antusiasme peserta dalam mengikuti lomba ini, maka karya original yang masuk ke panitia akan diterbitkan menjadi sebuah Buku Antologi Puisi dengan Judul “Marhaban Yaa Ramadhan: Menyapa Ramadhan dengan Pena dan Aksara”, oleh penerbit Zukzez Express Sulawesi yang juga merupakan sponsor dalam kegiatan ini. Kegiatan ini didukung oleh Perpustakaan Darul Ma’arif MAN 1 Kotamobagu.

Penerbitan buku ini merupakan langkah awal yang dengan ini diharapkan dapat memotivasi siswa-siswi MAN 1 Plus Keterampilan dan Riset Kotamobagu untuk terus berkarya lewat tulisan.

“Ucapan terima kasih kami kepada teman-teman guru yang telah memberikan motivasi kepada siswa sehingga lomba cipta puisi dapat terlaksanakan dengan baik, dengan diterbitkan sebuah karya pertama  dari siswa-siswa MAN 1 Kotamobagu dalam kumpulan buku antologi dengan harapan dan iringan doa kedepan akan lahir penulis-penulis dari MAN 1 Kotamobagu “(Sambutan Gembira sekaligus Apresiasi dari Ibu Liliyanti Kaawoan M.Pd/Kepala Madrasah MAN 1 Kotamobagu)

Cr. Kiflan Yudha Abug