Dalam rangka mengisi sepuluh hari terakhir Ramadhan di masa pandemi, Sahabat Qur’an Kotamobagu menyelenggarakan kegiatan daurah menghafal Al-Qur’an selama tujuh hari.

Kegiatan ini dilaksanakan pada 2-8 mei 2021 dan bertempat di Masjid An-nur MAN 1 Kotamobagu,

“Sahabat Qur’an melaksanakan kegiatan ini dengan tujuan untuk lebih mendekatkan generasi muda dengan Al-Qur’an. Apalagi di masa pandemi ini , daurah merupakan kegiatan bermanfaat yang dapat mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia-sia.” ungkap Zahirah selaku ketua panitia daurah.

Dalam pelaksanaannya, Sahabat Qur’an menargetkan perolehan hafalan sebanyak 3 juz untuk setiap peserta. Target ini diberikan dengan harapan agar peserta dapat lebih termotivasi untuk menyetorkan hafalan sebanyak-banyaknya.

Sesuai dengan tema daurah tahun ini, yaitu berkawan Al-Qur’an  dimasa pandemi, merajut asa, mentadabbur makna yakni bukan hanya sekedar menghafal tapi juga memahami makna dari ayat yang dihafal dan memastikan supaya ayat tersebut tidak hanya menjadi hafalan sementara. Selama 7 hari menghafal Al-Qur’an, peserta juga dilatih dengan ibadah-ibadah Sunnah (yang mungkin sebelumnya sulit untuk dilakukan), seperti tilawah Al-Qur’an, sholat dhuha, dan sholat Qiyamul lail. Lewat serangkaian ibadah tersebut, peserta diharapkan untuk dapat mendulang pahala sebanyak-banyaknya di bulan Ramadhan tahun ini.

Untuk mengikuti kegiatan ini, calon peserta yang diprioritaskan adalah yang bisa membaca Al-Qur’an. Akan tetapi peserta yang belum lancar membaca Al-Qur’an pun juga bisa ikut serta dengan kelas tersendiri. Sahabat Al-Qur’an menyediakan banyak fasilitas dan keuntungan untuk peserta daurah, seperti makan sahur dan berbuka, asrama yang mumpuni, sertifikat, hadiah bagi 6 orang peserta dengan hafalan terbanyak, dan yang paling penting adalah peserta dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat.

Dalam daurah kali ini, Sahabat Qur’an berhasil menggaet 80 orang peserta yang seluruhnya adalah siswa dari berbagai jenjang pendidikan. Sebagian dari mereka baru pertama kali menghafal Al-Qur’an, dan sebagian lagi telah memiliki hafalan sebelumnya. Dalam dauroh ini, mereka seluruhnya menghafalkan ayat yang baru. Untuk itu, SQ sepatutnya berbangga diri dengan berhasilnya peserta-peserta daurah yang mampu menghafal Al-Qur’an lebih dari satu juz.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini disponsori oleh Kementerian Agama Kota Kotamobagu, MAN 1 Kotamobagu, BAZNAS Kota Kotamobogu, dan RM. Mas Joko Seafood Lamongan. Serta didukung oleh Perpustakaan Darul Ma’arif MAN 1 Kotamobagu.

Cr. Icha Amelia Saharani & Zahirah Tu’salimah Mahmud